METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DIPONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR'AN DESA SUNGAI DUREN

Kholik Qurrahman, UT150205 and Hasbullah, Hasbullah and Rosyadi, Imron (2020) METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN DIPONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR'AN DESA SUNGAI DUREN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (METODE MENGHAFAL AL-QURAN DIPONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR'AN DESA SUNGAI DUREN)
AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lulusan Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Desa Sungai Duren memiliki hafalan al-quran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode menghafal Al-Qur’an, untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam proses menghafal Al Qur’an dan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan ustadz dalam proses menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Desa Sungai Duren. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif eksplanatoris, dengan menekankan pada sumber data lapangan sebagai data primer, serta literatur sebagai sumber kedua sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, Metode pembelajaran tahfidzul qur’an Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Desa Sungai Duren dilakuakn dengan, Metodeayat per-ayat, diman dengan santri harus menghafal ayat-ayat Al-Quran satu per satu ayat pada setiap harinya, metodemendengarkandimana dengan melakuakn melakukan simaandengan sesama teman, senior, atau kepada guru dari ayat-ayat yang telah dihafal dan metodeJama’ dimana ustadz membacakan satu ayat atau beberapa ayat dan siswa menirukan secara bersama-sama; kedua, Faktor penghambat dalam proses menghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Desa Sungai Duren diantaranya Kurangnya motivasi muro’jaah santri, Tidak sabar dalammenghafal, Sakit dan Ambisi Berlebihan dalam MenambahHafalan; ketiga, Faktor penunjang dalam proses menghafal al qur’an di pondok pesantren zhilalul qur’an desa sungai duren, diantarnaya memperketat pengawasan jadwal menghafal santri, Adanyavariasimetodetasmi‟ dalammenghafal Al-Qur‟an, Adanya evaluasi setiap semester minimal3 juz, Adanya pendidikan dini mengnalkan ayat al-quarndan Santri Berada dalam Usia Ideal Untuk Menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:25
Last Modified: 12 Aug 2020 03:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item