MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Syndi Dwi Putri, TP.161612 and Anwar, Kasful and Nazari, Nazari (2020) MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI)
watermark syndi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling. Key informan dalam penelitian ini adalah guru mengaji dan Kepala di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Responden ditetapkan Guru mengaji dan informan tambahan adalah murid dan orang tua yang mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pelaksanaan Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi sudah berjalan dengan baik dan lancar. Tetapi Minat anak didik dalam menghafal Al-Qur’an di sini masih belum maksimal, dan masih banyak yang jarang mengulang hafalan dirumah maupun di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Hal ini juga dikarenakan banyak pengaruh dari luar dan pengaruh anak yang sudah terlena dengan bermain handphone, sehingga anak lebih senang bermain dibandingkan menghafal. Bentuk motivasi anak dalam menghafal Al-Qur’an juga bermacam-macam diantaranya mereka berupaya meningkatkan hafalannya, meningkatkan disiplin menghafal, dan ikut serta dalam perlombaan seperti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi, Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:30
Last Modified: 29 Jul 2020 06:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item