PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Mimi Prasetia, TPG162010 and El Widdah, Minnah and Musyaffa, A.A (2020) PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI)
TPG162010 Judul - lampiran full text.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan saintifik pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa siswa kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi pada saat proses pembelajaran siswa kurang memahami materi pelajaran dan sulit menerima materi pelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yaitu dari 19 siswa hanya 31,57% (6 siswa) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 57,57 sedangkan ketuntasan minimal adalah 75. Setelah peneliti telusuri, hal ini disebabkan guru mengajar satu arah, guru mengajarkannya kebanyakan monoton hanya guru saja yang aktif dan siswanya pasif dalam menaggapi suatu materi, sehingga hal ini membuat siswa bosan dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Selain itu, siswa kurang termotivasi untuk memahami materi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi dengan penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actioan Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin MC Taggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dilihat nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,84% dan siklus II 83,8%, nilai keadaan sikap siswa saat proses pembelajaran pada siklus I sebesar 70% dengan kategori baik dan siklus II 82,85% dengan kategori sangat baik, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa siklus I sebesar 71,05 dengan kategori tidak tuntas dengan validitas tes 0,513 dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 95,26 dengan kategori tuntas dengan nilai validitas tes 0,603. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidiayah Negeri 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik dan terbukti bahwa pelaksanaan saintifik pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Kemampuan Kognitif
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:17
Last Modified: 02 Aug 2021 03:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item