UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Nur Laily Sa'adah, TPG161934 and Idris, Ilyas and Al Ihwanah, Al Ihwanah (2020) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Dalam Menanamkan Perilaku Prososial Siswa Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi)
Skripsi Nur Laily Sa'adah 2020.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa di kelas v madrasah ibtidaiyah nurul ittihad kota jambi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengidentifikasi bentuk perilaku prososial siswa; (2) menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa.; dan (3) menganalisis kesulitan guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian ini ialah siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial yang muncul pada siswa kelas V sekolah dasar adalah menolong (helping), berdermawan (donating), berbagi (sharing), bertindak jujur (honesty), dan kerjasama (cooperating). Hal tersebut ditunjukkan siswa sesuai dengan aktivitas siswa baik di dalam maupun diluar kelas. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa yaitu memotivasi, modeling, menegakkan tata tertib, dan aksi social. Memberikan motivasi merupakan upaya yang dominan dalam menanamkan serta mengembangkan perilaku prososial siswa. Selanjutnya, Kesulitan dalam pengembangan perilaku prososial siswa berupa keterbatasan guru untuk memantau siswa, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua siswa dalam menanamkan perilaku prososial, siswa berperilaku anti social disekolah disebabkan karena ia meniru perilaku dewasa diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: perilaku prososial, upaya guru dan kesulitan guru
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:38
Last Modified: 14 Sep 2021 01:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item