PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Munarsih, TPG161926 and Ahmad, Saidah and Musyaffa, A.A (2020) PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI)
TPG161926 (PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ITTIHAD KOTA JKAMBI).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidayah Nurul Ittihad Kota Jambi. Penelitian ini memfokuskan pada proses pembelajaran Tematik dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pada perencanaan guru membuat RPP, silabus serta prota dan prosem sesuai ketentuan yang ada. Pelaksanaan pembelajaran Tematik dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan evaluasi pada pembelajaran menggunakan penilaian kurikulum 2013 dengan tiga aspek atau ranah yang dinilai yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada awal observasi peneliti menemukan minat belajar siswa yang masih rendah. Dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional (metode ceramah) dan belum menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran di kelas. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran siklus I dan siklus II dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif, minat belajar siswa kelas V mengalami peningkatan yang signifikan. Pada pra siklus skor minat belajar siswa kelas V sebesar 2,4% dari 20 orang siswa dalam kategori kurang minat. Dengan jumlah siswa 3 tidak minat, 9 siswa kurang minat, 5 siswa cukup minat, dan 3 siswa dalam kategori minat. Dan setelah dilakukan tindakan siklus I skor minat belajar siswa naik menjadi 3,8 % dari 20 orang siswa dalam kategori cukup minat. Dengan jumlah siswa 2 kurang minat, 12 siswa cukup minat, 4 siswa minat, dan 2 siswa dalam kategori sangat minat. Dan meningkat sangat signifikan ketika dilakukan siklus ke II dengan skor nilai 4,7 % dari 20 orang siswa dalam kategori mendekati sangat minat. Dengan jumlah siswa 1 cukup minat, 11 siswa kategori minat, dan 8 siswa dalam kategori sangat minat. Peningkatan minat belajar siswa juga dapat dilihat dari aspek kognitif dan psikomotorik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Nurul Ittihad Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Multimedia Interaktif, Minat Belajar, Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:40
Last Modified: 27 Jul 2020 06:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item