PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA JAMBI

Noviardi, Tri and Imran, Imran and Azim, Fauzan (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TRI NOVIARDI PGMI - TRI NOVIARDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kancing Gemerincing, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas III Darussalam Kota Jambi yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing dengan media kotak kecil yang berisi kancing-kancing untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas III. Hal ini di tunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus 57,04% , siklus I 73,08% , siklus II 82,07% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Imran (I) Fauzan Azim (II)
Keywords / Katakunci: Penerapan model pembelajaran kancing gemerincing, materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:35
Last Modified: 30 Oct 2019 02:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item