Arnida, Dian Oktarina and Iskandar, Iskandar and Ridwan, Ridwan (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 LAMBUR LUAR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI 1,2,3,4,5 - dian oktorika.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Di dalam proses belajar sebagai guru agama Islam sekaligus sebagai motivator dalam mendidik siswa agar mencapai tujuan yang diinginkan, ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru agama Islam dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam. Permasalahan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 11 Lambur Luar secara umum adalah rasa ingin tahu dari anak didik tidak ada atau rendah, tidak mempunyai cita-cita yang akan diraih dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tidak ingin mencapai nilai baik dan terbaik pada meta pelajarna Pendidikan Agama Islam, tidak ada keinginan untuk mengulangi pelajarn di rumah, persepsi siswa terhadap meta pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menganggap matan pelajaran tidak penting, tidak ada keinginan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dan mendalami materi pelajaran Penelitian ini berlokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan objek masalah yaitu strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Timur Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu membuat perencanaan pengajaran, menggunakan media/alat pembelajaran, pemberian angka/nilai, pemberian pujian, pemberian hadiah, pemberian kompetisi, pemberian nasehat, pemberian hukuman dan menggunakan variasi metode pembelajaran. Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI antara lain faktor Siswa, dari segi minat, siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Timur berdasarkan penelitian masih rendah. Faktor sarana penunjang kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada umumnya masih belum memadai seperti minimnya buku-buku paket. Kemudian Faktor alokasi waktu dan faktor suasana lingkungan eksternal Hendaknya memberikan dukungan dan dorongan agar suasana belajar mengajar lebih kondusif, sehingga siswa akan lebih mudah menerima materi yang disampaiakan, terutama dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Iskandar (I) Ridwan (II) |
Keywords / Katakunci: | Strategi Guru PAI dan Motivasi Belajar |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Murjoko S.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 07:30 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 03:00 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |