PENGARUH MEDIA ONLINE TERHADAP PERILAKU KEDISIPLINAN REMAJA (STUDI DESA BEREMBANG KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI)

Husaini, Al and Ratnawaty, Ratnawaty and Habe, Muhammad Junaidi (2018) PENGARUH MEDIA ONLINE TERHADAP PERILAKU KEDISIPLINAN REMAJA (STUDI DESA BEREMBANG KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI AL-HUSAINI - mila jamilah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media online yang mempengaruhi kehidupan masyarakat khususnya para remaja. Banyak para remaja yang sibuk dengan handphonenya masing-masing guna untuk mengakses media online sehingga lupa dengan kewajibannya sebagai seorang pelajar atau sebagai seorang masyarakat. Karena media online telah menguasa alam pikirannya. Para remaja juga selalu mengandalkan media-media online sebagai senjata jika ada tugas atau ujian dari sekolahnya sehingga membuat para remaja menjadi malas belajar. Bahkan tak sedikit para remaja yang tak mau mendengarkan perintah dari orang tuanya hanya karena sibuk mengakses media online yang telah menguasai alam pikiran mereka. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif deskriptif dimana prosedur-prosedur yang digunakan untuk menghasilkan data yang dihasilkan dari suatu yang di tulis maupun yang diucapkan orang atau melalui perilaku yang dapat di amati. Sedangkan pengumpulan data penulis menggunakan penelitian dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis penulis mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya penulis menemukan bahwa Jelas yang menjadi faktor remaja menggunakan media online adalah sebagai alat untuk mencari berbagai informasi dan sebagai alat untuk mencari tugas sekolahnya. Banyak pengaruh yang dirasakan dan dapat dilihat dengan jelas dengan adanya media online bagi remaja. Mereka akan lupa waktu, bahkan sampai melupakan kewajibannya dalam menjalankan kewajiban beragamanya. Mereka juga akan melanggar berbagai aturan disekolahnya. Akan tetapi, pengaruh baik atau buruknya media online tergantung pada bagaimana cara remaja menggunakan dan memanfaatkan media online. Jika remaja menggunakan media online dengan baik maka mereka akan semakin disiplin dengan apa yang telah menjadi tugas dan kewajibannya, sebaliknya remaja yang tidak bisa menggunakan media online dengan cerdas merka tidak akan bisa disiplin dengan apa yang menjadi kewajibannya. Dalam menggunakan media online sebaikanya kita memanfaatkannya sebagai media pencari informasi dan juga sebagai media untuk menambah ilmu pengetahuan. Supaya apa yang dilihat dan didapat dari media online tersebut bisa bermanfaat bagi diri peribadi maupun bagi orang lain. Meskipun tak ada salahnya kita memanfaatkan media online sebagai sarana hiburan, akan tetapi jangan sampai membuat kita menjadi lupa waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ratnawaty (I) Muhammad Junaidi Habe (II)
Keywords / Katakunci: media online, pengaruh media online
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Jurnalistik Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:26
Last Modified: 30 Oct 2019 03:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item