PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KUALA TUNGKAL

Rizka Nur Fauziah, TP.161578 and Tabroni, Tabroni and Ridwan, Ridwan (2020) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KUALA TUNGKAL. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KUALA TUNGKAL)
SKRIPSI RZKA WATERMARK.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi, dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, tidak jarang ditemui sejumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mencapai tujuan pengajaran, seperti dalam materi hapalan ayat Al qur’an, siswa banyak yang mengeluh karena mereka tidak bisa mengaji, kemudian pada praktek shalat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Kesulitan belajar yang dihadapi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi antara lain: Siswa lambat menerima pelajaran, Memahami dan Menghafal pelajaran dan Kurangnya Motivasi siswa dalam belajar. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain: Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan, Memberikan motivasi belajar kepada siswa dan Bekerjasama dengan seluruh komponen sekolah dan Orangtua. Hasil yang dicapai antara lain: Pendekatan terhadap siswa yang sulit memahami pelajaran, Pendekatan terhadap siswa yang sulit menghafal pelajaran, Siswa sudah mulai bersemangat dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan mulai berusaha dalam menerima pelajaran, sehingga pada saat ulangan didapatklan nilai siswa telah cukup baik dan tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar dan Pembelajaran PAI Nama : Rizka Nur Fauziah Jurusan : PAI Judul : Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi Skripsi ini membahas tentang Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi, dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, tidak jarang ditemui sejumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mencapai tujuan pengajaran, seperti dalam materi hapalan ayat Al qur’an, siswa banyak yang mengeluh karena mereka tidak bisa mengaji, kemudian pada praktek shalat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Kesulitan belajar yang dihadapi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi antara lain: Siswa lambat menerima pelajaran, Memahami dan Menghafal pelajaran dan Kurangnya Motivasi siswa dalam belajar. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain: Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan, Memberikan motivasi belajar kepada siswa dan Bekerjasama dengan seluruh komponen sekolah dan Orangtua. Hasil yang dicapai antara lain: Pendekatan terhadap siswa yang sulit memahami pelajaran, Pendekatan terhadap siswa yang sulit menghafal pelajaran, Siswa sudah mulai bersemangat dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan mulai berusaha dalam menerima pelajaran, sehingga pada saat ulangan didapatklan nilai siswa telah cukup baik dan tuntas. Peran Guru, Kesulitan Belajar dan Pembelajaran PAI.
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:49
Last Modified: 19 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item