KUALIFIKASI GURU PAUD ISLAM TERPADU WALADUN SHOLIHUN KECAMATAN PAUH SAROLANGUN DALAM PROSES PEMBELEJARAN

Siti Isrohwiya, TRA.151772 and Nazari, H. and Maspika, Sandi (2020) KUALIFIKASI GURU PAUD ISLAM TERPADU WALADUN SHOLIHUN KECAMATAN PAUH SAROLANGUN DALAM PROSES PEMBELEJARAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kualifikasi Guru Paud Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun Dalam Proses Pembelajaran)
SKRIPSI Siti Isrohwiya Tra 151772.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Guru tidak akan professional, jika mereka ditugaskan oleh kepala sekolah untuk mengajar mata pelajaran yang sama sekali tidak berkaitan dengan latar belakang keilmuan mereka. Meskipun itu adalah tugas yang mesti dilaksanakan, seharusnya kepala sekolah memiliki perencanaan seperti memberikan pelatihan kepada guru yang bersangkutan (seperti guru tersebut dikursuskan) agar kompetensi dan profesionalitas guru tersebut dapat terwujud. Masalahnya, kepala sekolah belum pernah melakukan langkah-langkah perencanaan seperti itu. Ada dua hal utama yang menjadi tujuan penelitian ini, yaitu: Ingin menguraikan upaya peningkatan kualifikasi guru PAUD Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun dalam proses pembelajaran. Ingin mengetahui apa saja kendala peningkatan kualifikasi guru PAUD Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melaksanakan pendekatan tersebut, penelitian ini berhasil menemukan beberapa poin penting yaitu: (1) Upaya peningkatkan kualifikasi guru PAUD Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun dalam proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai usaha, yaitu dengan cara: Guru PAUD Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun meningkatkan kompetensinya melalui belajar mandiri, kepala sekolah berusaha untuk melakukan kegiatan perencanaan semaksimal mungkin bagi sekolah, kepala sekolah dan majelis guru secara bersama-sama mengatur dan menjalankan tugas semaksimal mungkin, memberikan pelatihan kepada majelis guru lebih khususnya kepada mereka yang berlatarbelakang pendidikan SMA (Non PAUD), (2) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam peningkatan kualifikasi guru PAUD Islam Terpadu Waladun Sholihun Kecamatan Pauh Sarolangun dalam proses pembelajaran diantaranya adalah karena: kepala sekolah kurang maksimal dalam melakukan pengawasan kepada majelis guru ketika mengajar di sekolah, kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dan majelis guru, kepala sekolah belum maksimal dalam melakukan kontroling di sekolah, guru memang tidak memiliki pengalaman mengajar sebelumnya, guru yang ada tidak memiliki latar belakang pendidkan yang sinkron dengan ilmu PAUD, minimnya SDM lulusan PAUD di sekitar sekolah. Kata Kunci: Kualifikasi, Guru PAUD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kualifikasi, Guru PAUD
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Dec 2020 01:31
Last Modified: 18 Dec 2020 01:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item