ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA JAKOZ OLEH-OLEH KHAS JAMBI

Putri Wulandari N, EES160540 and Majid, Nazori and Kurniawan, Bambang (2020) ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA JAKOZ OLEH-OLEH KHAS JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Jakoz Oleh-oleh Khas Jambi)
EES160540 Judul-Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tulisan ini berjudul analisis pengembangan produk dalam meningkatkan daya saing pada usaha Jakoz oleh-oleh khas Jambi. Jakoz sebagai pusat oleh-oleh khas Jambi yang sudah cukup lama berdiri khususnya pada produk oleh-oleh kaos mempunyai visi menjadi destinasi utama cinderamata terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan terus berkembang dan berpikir positif dalam menghadapi persaingan yang ada. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses tahapan pengembangan produk dilihat dari teori Philip Kotler dan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Jakoz telah melaksanakan proses tahapan pengembangan produk dengan baik dan sistematis sesuai dengan teori Philip Kotler. Untuk meningkatkan daya saing Jakoz juga telah menjalankan strategi bauran pemasaran yang baik dan matang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi untuk mempengaruhi pembeli sehingga tujuan perusahaan dalam strategi pemasaran dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan meskipun pada tahap startegi pemasaran yang dilakukan belum maksimal. Hal ini didasari karena kurang gencarnya promosi dimedia sosial dan belum adanya kebijakan strategis pemerintah dalam promosi pada sektor pariwisata khususnya dibidang toko oleh-oleh. Selanjutnya Faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing Jakoz adalah produk kaos yang mempunyai ciri khas tersendiri, bahan baku berkualitas premium dan mudah didapat, pemilik Jakoz yang juga seorang coach bisnis dan tim Jakoz yang mempunyai kreativitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Tahap pengembangan produk, Strategi bauran pemasaran, daya saing
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:48
Last Modified: 27 Jul 2020 06:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item