PERAN KOMUNIKASI ANTARA ANAK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA THAILAND DI UIN STS JAMBI)

Snomwong, Aseeyah and Gani, Ruslan Abdul and Kusnadi, Edy (2018) PERAN KOMUNIKASI ANTARA ANAK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA THAILAND DI UIN STS JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ASEEEYAH - mila jamilah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: PERAN KOMUNIKASI ANTARA ANAK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA THAILAND DI UIN STS JAMBI). Yang melatar belakani penulis mengambil judul ini karena pada umumnya anak dengan orang tua dan berhubungan dekat atau sering komunikasi tatap muka karena tinggal dalam satu rumah. Tetapi lian halnya dengan orang tua dan anak yang tidak tinggal serumah atau tinggal berjauhan karena perbedaan jarak dan tempat. Komunikasi dilakukan menggunakan media seperti hendphon tidak berkomunikasi secara tatap muka. Komunikasi jarak jauh ini menimbulkan masalah yaitu komukasi yang terjalin menjadi efektif atau tidak efektif. lagi tergantung kepada komukasi hubungan yang baik. Pendekatan penelitian yang penulis gunakn adalah (libarary research) dalam tehnis deskriptif kualitatif eksploratif, dengan tahap penelitian yaitu observasi, wawancra dan dokumentasi, lalu mengunakan tehnis analisis data. Sehingga dapat mengetahui bagai mana pola komunikasi jaral jauh orang tua dan anak dan bisa mengetahui hambatan apa dalam komunikasi, faktor apa yang mepengaruhi komunikasi anak dengan orang tua dengan jarak jauh pada Mahasiswa IMIPI (Ikatan Mahasiswa Islam Patani selatan Thailand di Indonesia). Hasil penulis menemukan bahwa mahasiswa/i luar negeri yang ada di Indonesia berkomunikasi dengan orang tua melalui media. Komunikasi yang dilakukan oleh anak dan orang tua kurang baik karena hanya mengadakan media saluran komukasi tanpa melakukan tatap muka (face to face) dan komunikasi yang terajlin pun menjadi terbatas. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi seperti pertama, hambatan fisik, hambatan waktu, hambatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ruslan Abdul Gani (I) Edy Kusnadi (II)
Keywords / Katakunci: peran orang tua dalam pendidikan anak yang kuliah, mahasiswa asing, komunikasi melalui media
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:14
Last Modified: 30 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item