Penggunaan Metode Takriri Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Tahfizh Al-Quran Di Ma'had Nurul Falah Kota Jambi

SUSI SUSANTI, TP161608 and Anwar, Kasful and Nazari, Nazari (2020) Penggunaan Metode Takriri Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Tahfizh Al-Quran Di Ma'had Nurul Falah Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penggunaan Metode Takriri Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Tahfizh Al-quran Di Ma'had Nurul Falah Kota Jambi)
TP161608 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Mengahafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Diantara metode-metode itu ialah metode takriri, metode takriri yaitu mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada musyrifah atau guru tahfizh. Hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam pikiran. Penellitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan penerapan metode takriri dalam meningkatkan kualitas hafalan tahfizh Al-Qur’an Santri di Ma’had Nurul Falah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di Ma’had Nurul Falah Kota Jambi. Data dan sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh serta terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model data , yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan deskripsi dan penyajian data melalui wawancara, pelaksanaan penerapan metode takriri dalam meningkatkan kualitas hafalan tahfizh Al-Qur’an santri di Ma’had Nurul Falah Kota Jambi. Dimulai dengan tiga tahapan. Tahap pertama tahap persiapan yaitu, petama menyiapkan Al-Qur’an pojok, kedua menentukan target materi yang akan dihafal, ketiga membaca berulang kali. Kemudian tahap kedua tahap penerapan yaitu, pertama mentakrir hafalan kepada Ustadz/Ustadzah, kedua Mudarosah kelompok, ketiga Istiqomah takrir Al-Qur’an dalam Sholat. Kemudian tahap ketiga tahap evaluasi yaitu, Santri membawa bukti setoran yaitu berupa buku catatan setoran hafalan, pada saat santri menyetorkan hafalannya setiap hari kepada Ustadzah/Ustadzah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Takriri, Menghafal, Al-Quran
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 07:36
Last Modified: 22 Jul 2020 07:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item