Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Atau Sederajat Se-Kecamatan Geragai

Deni Purnama Sari, TM.161283 and Hurmaini, Hurmaini and Wendra, Betri (2020) Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Atau Sederajat Se-Kecamatan Geragai. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Atau Sederajat Se-Kecamatan Geragai)
TM161283 Judul-Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik di MTs atau sederajat se-Kecamatan Geragai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTs atau sederajat se-Kecamatan Geragai sebanyak 1.362 peserta didik. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan jumlah sampel yang ditetapkan dari populasi 1362 menjadi 362 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket instrumen utama dan observasi serta wawancara sebagai intrumen pendukung. Melalui observasi yang digunakan oleh peneliti untuk melihat gaya mengajar yang digunakan guru ketika mengajar dikelas diketahui bahwa gaya mengajar guru yang sering digunakan adalah gaya mengajar interaksional, gaya mengajar ini membuat peserta didik dan guru sama-sama mendominasi peserta didik untuk menjadi peran didalam proses belajar, disini tidak ada yang dianggap baik dan dianggap jelek. Sehingga peserta didik tidak memiliki rasa bosan, takut, dan enggan pada peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik gaya mengajar guru yang digunakan maka peserta didik akan semakin meningkat. Pernyataan ini didukung berdasarkan hasil perhitungan uji t sebagai uji hipotesis dengan melakukan perbandingan t_hitung lebih besar dari pada t_tabel (2,009 > 1,967) adalah signifikan. Makin variatif gaya mengajar guru, makin tinggi minat belajar peserta didik dan sebaliknya, makin monoton gaya mengajar guru maka semakin rendah minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di MTs atau sederajat se-Kecamatan Geragai. Maka terbukti bahwa gaya mengajar guru berpengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di MTs atau sederajat se-Kecamatan Geragai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Matematika Peserta Didik, Pelajaran Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:17
Last Modified: 22 Jul 2020 03:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item