PENGARUH ANTARA PENERAPAN ETNOMATEMATIKA ENGKLEK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DARUL ULUM DURIAN LUNCUK

Dia Eka Sari, TM161287 and El Hilali, Husni and Kukuh, M. (2020) PENGARUH ANTARA PENERAPAN ETNOMATEMATIKA ENGKLEK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA DARUL ULUM DURIAN LUNCUK. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh antara penerapan etnomatematika engklek terhadap minat belajar matematika siswa pada madrasah tsanawiyah swasta darul ulum durian luncuk)
Dia Eka Sari.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Antara Penerapan Etnomatematika Engklek Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Durian Luncuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di madrasah tsanawiyah swasta darul ulum durian luncuk pada bulan februari sampai bulan maret 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Adapun aspek minat belajar siswa yang diamati dalam penelitian ini adalah (a) perhatian, Siswa tidak berbicara sendiri saat guru mengajar, Siswa tidak mengantuk saat guru mengajar, Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru dan Siswa suka dengan media yang digunakan oleh guru. (b) ketertarikan, Siswa mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat, Siswa bertanya kepada guru jika tidak bisa menjawab soal, Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan Siswa mencatat hal-hal penting yang dijelaskan guru dan (c) perasaan senang, Siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, Siswa merasa senang ketika guru memberikan tugas dan Siswa mengerjakan kuis/tugas dengan sungguh-sungguh.dengan langkah penerapan etnomatematika engklek yaitu a) mengelompokan siswa dalam permainan, b) menggambarkan bidang permainan engklek, c) menjelaskan cara dan aturan bermain engklek, d) memberikan soal tantangan dan soal hukuman. Diperoleh hasil penelitian bahwa penerapan etnomatematika engklek berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa pada madrasah tsanawiyah swasta darul ulum durian luncuk pada pokok bahasan bangun datar. Berdasarkan dengan hasil pencarian ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,13, dan thitung adalah 3,81 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan etnomatematika engklek berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa. Kata kunci : Etnomatematika Engklek , Minat Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: etnomatematika engklek,minat belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:25
Last Modified: 20 Jul 2020 04:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item