KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN (STUDI PADA PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN

Rizki, Dessy and Yuliatin, and Armansyah, Yudi (2018) KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN (STUDI PADA PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN SAROLANGUN KABUPATEN SAROLANGUN. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI DESSY RIZKI - Rizki Kiboy.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kemiskinan merupakan salah satu tolak ukur kemakmuran dan kesejahteraan suatu Negara. Setiap negara mempunyai cara yang berbeda dalam mengatasi masalah kemiskinan di dalam negaranya, begitupun Negara Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan. Salah satunya ialah dengan adanya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, melalui Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Kegiatan SPP ini merupakan kegiatan pemberian dana pinjaman untuk kelompok perempuan yang memiliki usaha mikro dengan tujuan untuk meningkatkan serta memberdayakan kaum perempuan untuk dapat mengembangkan kemampuan dan usaha yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk memperoleh data dari penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah Sasaran utama pada program SPP di kecamatan sarolangun sudah sesuai dengan ketentuan SPP yaitu rumah tangga miskin (RTM) yang produktif, akan tetapi dari empat desa yang ada di Kecamatan Sarolangun ada tiga kelompok yang anggotanya tidak bisa mengembalikan uang pinjaman tepat waktu. Untuk itu dibutuhkan pengawasan dari pihak UPK dalam mendampingi masyarakat yang mengajukan pinjaman agar dapat menggunakan dana pinjamannya untuk mengembangkan usaha, meningkatkan taraf hidup dan memperbaiki pengaturan keuangan rumah tangga namun tetap mengembalikan pinjaman di waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuliatin (I) Yudi Armansyah (II)
Keywords / Katakunci: Kebijakan, Pemberdayaan, Ekonomi Perempuan
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:22
Last Modified: 30 Oct 2019 03:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item