PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIAFLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWAYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Safitriani, TM.161363 and Hurmaini, Hurmaini and Meslita, Rima (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIAFLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWAYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penggunaan Multimedia Macromedia Flash Terhadap kemampuan Penalaran Matematika Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota jambi)
Skipsi Safitriani Tm.161363.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh hasil penerapan model Realistic Multimedia Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Madrasah Tsanawayah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu one Grup Pretest –posttes Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan terhadap kemampuan penalaran matematika. Sampel penelitian berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Multimedia Macromedia Flash,.Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5%=2,018sedangkan 1% t_tabel =2,83dan diperoleht_hitung=4,58 Karena nilai t_hitung≥t_tabelyaitu 2,018<4,58>2,83. Setelah melakukan perhitunganpada uji phi, demikian diperoleh “” didapat _tabel<_hitung>_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf 1% atau 5%<_o>1% yaitu 0,2972<0,8652>0,3843. Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam Pengaruh Penggunaan Multimedia Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Sumbangan media macromedia flash memberikan kontribusi sebesar 30,11 % terhadap kemampuan penalaran matematika sisanya 69,89 % dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: macromedia Flash, penalaran, matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:53
Last Modified: 22 Jul 2020 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item