PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BETARA

Rizkia Arnida, TM161362 and Sunarto, Sunarto and Gazali, M. (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BETARA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Betara)
TM161362 Judul - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa SMP N 2 Betara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental menggunakan desain analisis Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes tertulis berbentuk essay sebanyak 5 butir soal. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis t “test”. Dari hasil perhitungan didapat skor pretest penalaran matematis kelompok eksperimen nilai rata-rata 42,2. Dan untuk kelompok kontrol nilai rata-rata 37,53. Nilai posttest penalaran matematis kelompok eksperimen nilai rata-rata 58,67. Dan kontrol nilai rata-rata 42,87. Self-efficacy siswa kelompok eksperimen nilai rata-rata 71,8 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 74,6. Kemudian data dilakukan uji “t” diperoleh hasil 1,70<3,08>2,46 untuk nilai pretest dan 1,70<2,855>2,46 untuk nilai posttest, 1,73>-0,94<2,55 untuk nilai self-efficacy. Setelah membandingkan antara dengan ternyata > pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif () diterima dan () ditolak. Berarti ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap penalaran matematis siswa di SMP Negeri 2 Betara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Self-Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Problem Based Learning
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:37
Last Modified: 20 Jul 2020 02:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item