PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-HARIRI DESA BETUNG BEDARAH BARAT KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO

Suziati, Suziati and Constantin, Constantin and Muhammad, Habib (2020) PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-HARIRI DESA BETUNG BEDARAH BARAT KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifiddin Jambi.

[img] Text (Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hariri Desa Betung Bedarah Barat Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo)
SUZIATI TP.161609.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh yang pertama mengenai Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa serta hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran guru tidak mengunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua kurangnya keprofessionalan guru baik dalam penguasaan materi maupun cara pengarahan proses dalam membina karakter siswa. Ketiga, kurang kompeten dalam menggunakan sumber pembelajaran yang telah disediakan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana profesionalitas kinerja guru, bagiamana proses pembelajaran yang dilakukan dikelas serta bagiamana upaya profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru pendidikan agama islam, data sekunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hariri, yaitu mengenai profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hariri meliputi 4 aspek di dalamnya terangkum 10 kriteria profesional guru: merencanakan pembelajaran, pengelolaan kelas, Menilai Hasil Pembelajaran, Melakukan Pembimbingan Dan Latihan. Faktor penghambat dari segi waktu dan non waktu, factor pendidik atau guru, factor anak didik, serana dan fasilitas. Usaha-usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi guru yaiti: 1) mengikuti penataran dan sharing dengan orang yang lebih tahu, 2) dengan memberikan nasihat tentang disiplin waktu, 3) memberi tugas hafalan pada siswa di rumah, 4) mengunakan fasilitas dan media yang tersedia saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam, Dalam Membina Karakter Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:19
Last Modified: 11 Nov 2020 07:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3978

Actions (login required)

View Item View Item