PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA BERBASIS UNSUR BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DAERAH JAMBI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

M. Faisal Saputra, TM.161320 and Usmar, Ali and Isnaini, Vandri Muhammad (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA BERBASIS UNSUR BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DAERAH JAMBI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Berbasis Unsur Budaya Dan Kearifan Lokal Daerah Jambi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa)
TM. 161320 Judul -lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas bahwa anak-anak Indonesia cenderung lebih mengenal kebudayaan luar negeri dibandingkan kebudayaan tempat tinggal sendiri, kemudian dalam mata pelajaran matematika siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dikarenakan kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Maka penulis ingin memberikan solusi terhadap masalah yang timbul dengan mengembangkan suatu media yang dapat mengenalkan budaya tempat tinggal sekaligus mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk permainan yaitu monopoli matematika budaya Jambi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), serta tahap evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk menguji kelayakan, kevalidan dan kepraktisan media dari hasil perhitungan diproleh ahli medi = ahli materi = guru = 3 siswa = dan 10 siswa dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan media monopoli matematika dengan rata-rata > 80 (Sangat Baik/Layak). Adapun tes diberikan sebelum dan sesudah siswa menerapkan media monopoli matematika dengan jumlah 5 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t_(t ) 5%<t_0>t_t 1% =2,01<7,93>2,69. Dan hasil dari perhitungan korelasi phi diperoleh r_(t ) 5%<φ>r_t 1% = 0,285<0,669>0,368. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan media pembelajaran monopoli matematika budaya Jambi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di MTs Putra As’ad Olak Kemang Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Monopoli matematika Budaya Jambi
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:32
Last Modified: 20 Jul 2020 04:32
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item