STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MUARO JAMBI

AYATULLAH KUMAINI, TP.161429 and Armida, Armida and Tabroni, Tabroni (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MUARO JAMBI)
SKRIPSI AYATULLAH.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Untuk memperoleh data tersebut peneliti menggunakan metode Obsevasi, Dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan kedisiplinan belajar siswa, kendala guru akidah akhlak, dan bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan disiplin belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi yakni masih lemahnya minat belajar siswa, siswa kurang introspeksi diri, dan masih lemahnya hukuman siswa. Kendala guru yakni siswa suka membuat kegaduhan di dalam kelas, siswa ada yang merokok dan membawa handphone serta membolos masuk kelas. Strategi guru yakni guru memberikan pengarahan, guru memberikan nasihat, dan guru memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi, akidah akhlak, kedisiplinan belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:37
Last Modified: 20 Jul 2020 01:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3927

Actions (login required)

View Item View Item