EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DI TK IT MUTIARA HATI SIMPANG III SIPIN KECAMATAN KOTA BARU KOTA JAMBI

RINI SANDERIANI, TRA 162024 and Yusria, Yusria and Fadlan, Achmad (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DI TK IT MUTIARA HATI SIMPANG III SIPIN KECAMATAN KOTA BARU KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time di TK IT Mutiara Hati Simpang III Sipin Kecamatan Kota Baru Kota Jambi)
TRA 162024 EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND.pdf - Published Version

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di TK IT Mutiara Hati Simpang III Sipin Kecamatan Kota Baru. Penelitian ini menggunakan jenis Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara serta Dokumentasi. Keabsahan data mengunakan trianggulasi dengan berbagai sumber dan metode. Sumber data ialah peneliti, kepala sekolah dan guru sedangkan metode menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan BCCT sangat baik yaitu mendasarkan kegiatan pada pijakan yang diberikan oleh guru pada peserta didik yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Yang menjadi kendala dalam menerapkan model BCCT ruangan kelas kurang mendukung karena kurang luas, kurangnya media pembelajaran dan manajemen waktu mengingat model BCCT harus melalui beberapa tahapan, adapun upaya untuk mengatasinya yaitu dengan cara pembinaan guru, diskusi/shering secara berkelanjutan, penambahan fasilitas sarana dan prasarana dengan disediakan media pembelajaran yang beragam, penyusunan menu pembelajaran generic untuk meningkatkan perkembangan anak didik. Pentingnya menerapkan model BCCT karena anak sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan yang didapat anak digali oleh anak itu sendiri, anak didorong bermain disentra-sentra kegiatan, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, mediator dan evaluator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Anak Usia Dini, Pembelajaran BCCT, Taman Kanak-Kanak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:14
Last Modified: 20 Jul 2020 07:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item