PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Habidah, and Ash, Marzuki Arsyad and Hurmaini, (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI HABIDAH NIM. TM. 140705 - Habidah idah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang menerapkan media puzzle aljabar dengan yang tidak menerapkan media puzzle aljabar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posttest-only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen (menerapkan media puzzle aljabar) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol (tidak menerapkan media puzzle aljabar). Peneliti menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang menerapkan media puzzle aljabar lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep aljabar yang tidak menerapkan media puzzle aljabar. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang tidak menerapkan media puzzle aljabar dengan yang menerapkan media puzzle aljabar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan t hitung lebih besar dari pada , baik pada taraf sinifikan 5% maupun 1% yaitu 2,01 < 4,32 > 2,67. Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan media puzzle aljabar dalam pembelajaran matematika terutama pada materi penjumlahan dan penguran aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marzuki Arsyad Ash (I) M. Hurmaini (II)
Keywords / Katakunci: Media Puzzle, Aljabar, Pemahaman Konsep Aljabar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:44
Last Modified: 30 Oct 2019 06:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item