PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DIKELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA DESA MENDALO DARAT KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

Wariyanti Kemayangsari, TP162661 and Samsu, Samsu and Tabroni, Tabroni (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DIKELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA DESA MENDALO DARAT KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dikelas VII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA DESA MENDALO DARAT KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA)
TP.162661_WARIYANTI KEMAYANGSARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan metode demontrasi pada pembelajaran FIQIH tentang shalat jama’ dan qashar dan tata cara shalat dalam keadaan darurat untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Desa Mendalo Darat Kecamatan Jambi Luar Kota. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran FIQIH dengan penerapan metode demonstrasi. 2. Mendeskripsikan pelaksaan pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran FIQIH. 3. Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran FIQIH dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian yaitu lembar observasi, lembar wawancara, tes akhir dan dokumentasi. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I diperoleh aktivitas guru adalah 3 atau dikategorikan cukup baik dan rata-rata aktivitas siswa yang diperoleh adalah 3 atau dikategorikan cukup baik. Pada siklus 2 diperoleh aktivitas guru adalah 5 dengan kategori sangat baik aktivitas siswa adalah 5 kategori sangat baik. Hal ini terbukti bahwa penerepan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran FIQIH tentang shalat jama’ dan qashar dan shalat dalam keadaan darurat dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata yaitu 59,4, siklus 2 rata-rata yaitu 70,14.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Demonstrasi, Fiqih Materi shalat jama’ dan qashar serta tata cara shalat dalam keadaan darurat, Siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2020 06:58
Last Modified: 08 Jul 2020 06:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item