PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PENGABUAN TANJUNG JABUNG BARAT

Suryani, Irma and Widdah, Minna El and Nofriadi, Nanang (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PENGABUAN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI IRMA SURYANI TB.140454 BOOKMARK - Irma Suryani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem solving terhadap hasil belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pengabuan Tanjung Jabung Barat. desain penelitian ini adalah Posttest-Only ControlDesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pengabuan Tanjung Jabung Barat Tahun Ajaran 2017/2018 yang berdistribusi ke dalam 3 kelas, sampel dalam penenlitian ini adalah siswa kelas XI IPA B dan XI IPA C yang dipilih secara Cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pada kelas eksperimen yaitu nilai tertinggi siswa 92, nilai terendah 56, dengan rata-rata 75,4, sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi siswa 92, nilai terendah 32, dengan rata-rata 63,4. Hasil analisis data uji “t” adalah 5,69 menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikasi 5% dan 1% atau (5% < t > 1% atau 2,00< 5,69>2,65). Dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara nilai kelas eksperimen dan nilai kelas kontrol, dan oleh karena itu H o diterima, dari hasil korelasi phi menunjukkan bahwa r hitung >r pada taraf signifikansi 5% dan 1% atau (5% < ɸ> 1% atau 0,254 < 0,470 >0,330). Dengan demikian H diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pengabuan Tanjung Jabung Barat. a tabel a

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Minna El Widdah (I) Nanang Nofriadi (II)
Keywords / Katakunci: i : model pembelajaran problem solving, hasil belajar biologi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:13
Last Modified: 30 Oct 2019 06:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item