BIMBINGAN GURU DALAM INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PROF. DR. SRI SOEDEWI MASJHCUN SOFWAN, SH. DI KOTA JAMBI

Mustika Jannah, TPG161927 and Rosadi, Kemas Imron and Sari, Sri Yulia (2020) BIMBINGAN GURU DALAM INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PROF. DR. SRI SOEDEWI MASJHCUN SOFWAN, SH. DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Bimbingan Guru dalam Interaksi Sosial Pada Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. di Kota Jambi)
SKRIPSI MUSTIKA JANNAH.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata, yang mana anak tersebut dalam kesehariannya memerlukan bantuan orang lain untuk sekedar mengurus atau memiliki kesulitan dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan guru dalam interaksi sosial pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneliti ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut: 1) Proses Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi interaksi sosial sangat kurang dan lambat merespon. 2) Bimbingan Guru Pada Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi dengan cara memahami karakter anak, melakukan pendekatan khusus secara individu dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, sabar, melakukan teknik secara langsung maupun tidak langsung dan melibatkan kerja sama dengan orangtua. 3) kendala yang dihadapi yaitu dari guru, siswa, media dan sarana prasarana. 4) upaya untuk mengatasi kendala yaitu guru berusaha merekrut guru sesuai bidangnya dan mengikuti pelatihan, dari pihak sekolah berupaya memberikan kesadaran kepada orang tua tentang pendidikan pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, guru harus kreatif memanfaatkan media yang dan ada pihak sekolah akan berusaha memenuhi fasilitas-fasilitas yang menunjang proses pembelajaran dan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Biimbingan Guru, Interaksi Sosial, Tunagrahita
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2020 08:11
Last Modified: 13 Aug 2020 08:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3807

Actions (login required)

View Item View Item