IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) BERBASIS BUDAYA LOKAL JAMBI SISWA KELAS V DI SDIT AN-NAHL KOTA JAMBI

Alisa Rahmah, TPG.161848 and Mahluddin, Mahluddin and Siregar, Nasyariah (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) BERBASIS BUDAYA LOKAL JAMBI SISWA KELAS V DI SDIT AN-NAHL KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berbasis Budaya Lokal Jambi Siswa Kelas V Di SDIT AN-NAHL Kota Jambi)
TPG.161848 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBK) BERBASIS BUDAYA LOKAL JAMBI SISWA KELAS V DI SDIT AN-NAHL KOTA JAMBI-Lampuran fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berbasis Budaya Lokal Jambi, Kendala dalam implementasi Pendidikan Karakter dan Upaya guru dalam mengatasi kendala implementasi Pendidikan Karakter dalam Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berbasis Budaya Lokal Jambi pada Materi Memahami Tangga Naga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum guru dan Siswa Kelas V di SDIT An-Nahl Kota Jambi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kulitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berbasis Budaya Lokal Jambi pada Materi Ragam Lagu Daerah Siswa Kelas V di SDIT An-Nahl Kota Jambi dilakukan melalui pendidikan Religuis, Kejujuran, Disiplin, Kreatif dan Peduli Sosial, di mana siswa menolong teman yang sedang kesulitan; (2) Terdapat empat kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Berbasis Budaya Lokal Jambi, diantarnaya; kurang jelas program budaya lokal Jambi, tidak ada rencana RPP yang berdasarkan kurikulum, kurangnya sumber belajar dan kurangnya sarana dan prasarana penunjang dalam kegiatan praktek; (3) Terdapat tiga upaya guru dalam mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter berbasis budaya lokal Jambi, diantarnaya pemerintah mengadakan pelatihan paga guru, mencari bahan ajar penunjang dan penambahan waktu pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendidikan Karakter, Seni Budaya dan Keterampilan, Budaya Lokal
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:59
Last Modified: 09 Jul 2020 07:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item