Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Kota Jambi

Muchlis, MPA182901 and Raudhoh, Raudhoh and Abbas, Pirhat (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Kota Jambi. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Kota Jambi)
MPA.182901 Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Kota Jambi - Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Guru harus memiliki strategi yang baik sehingga kesulitan belajar yang dialami siswa dapat diselesaikan dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Serta pengecekkan keabsahan data adalah dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dapat dikatakan belum optimal, hal ini karena banyak dijumpai siswa yang masih mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya dalam hal membaca dan memahami Al-Qur’an. Adapun yang menjadi kendala bagi guru pendidikan agama Islam adalah kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, kurangnya kepedulian orang tua dengan prestasi belajar anak, lemahnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, rendahnya konsentrasi belajar siswa di kelas, dan siswa kurang disiplin dalam belajar. Selain itu upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu pengelolaan kelas, persentase latihan siswa di tingkatkan, mengajak siswa ke perpustakaan, meningkatkan strategi dalam mengajar, melakukan kerja sama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:26
Last Modified: 13 Jul 2020 04:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3795

Actions (login required)

View Item View Item