PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI JAMBI

Ayu Rizki Sofianti, TP161430 and Idris, Ilyas and Syahbani, Nispi (2020) PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI JAMBI)
TP161430 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif yang dibantu dengan media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Masa Pemerintahan Dinasti Ayubbiyah kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi, apakah penggunaan pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah GUPPI Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan media Crossword Puzzlepada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa hasil observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan pada siklus I mencapai 45%dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 92,5% sejalan dengan peningkatan aktifitas belajar siswa, peningkatan juga terjadi pada tes hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase hasil belajar siswa yaitu 70% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 82% dengan kategeori Baik. Peningkatan yang terjadi menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Kooperatif, Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:35
Last Modified: 15 Jul 2020 04:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item