LITERASI INFORMASI MAHASISWA JURUSAN SEJARAH PERADABAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI BERDASARKAN “THE SEVEN PILLARS OF INFORMATION LITERACY"

Rezki Sulasari, 404180138 and Dastina, Wenny and Ramayanti, Rory (2020) LITERASI INFORMASI MAHASISWA JURUSAN SEJARAH PERADABAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI BERDASARKAN “THE SEVEN PILLARS OF INFORMATION LITERACY". Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Literasi Informasi Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berdasarkan “The Seven Pillars of Information Literacy)
REZKI SULASARI.404180138.FIX.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam terhadap literasi informasi, untuk mengetahui Bagaimana pemahaman literasi informasi mahasiswa saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literacy model dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literacy model. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Sejarah Peradaban Islam semester enam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan sampel yang berjumlah enam belas orang yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam semester enam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi rata-rata sudah memahami literasi informasi hanya saja dari sudut pandang yang berbeda dalam mengartikan literasi informasi itu sendiri membuat pemikiran mereka sempit akan pengetahuan literasi informasi. Pemahaman literasi informasi mahasiswa saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literacy model maka terdapat 5 cukup baik dan 2 standar dari mahasiswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa para mahasiswa tergolong cukup baik dalam melakukan 7 komponen literasi informasi berdasarkan (the seven pillars of information literasi). Kendala yang dihadapi mahasiswa saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literaci adalah dalam penelusuran sering materi yang dicari tentang sejarah apalagi sejarah jambi khususnya sangat minim, kadang materi sudah didapat tetapi tidak dari sumber yang resmi atau falid, sering terjadi gangguan jaringan sehingga menghambat dalam penelusuran, quata internet yang terbatas juga penghambat dalam menelusur informasi lebih banyak, buku-buku yang terdapat diperpustakaan tidak sesuai dengan kebutuhan informasi yang dicari atau tidak ada bukunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Literasi Informasi, Mahasiswa, The Seven Pillars Information Literacy
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:11
Last Modified: 08 Jul 2020 07:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item