KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 42 MUARA KETALO KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO

MUHAMMAD SAHRU, TP. 161524 and Karim, Hasnidar and Mukhlis, Mukhlis (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 42 MUARA KETALO KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifiddin Jambi.

[img] Text (Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 42 Muara Ketalo Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo)
SKRIPSIII- JADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh pertama bahwa kurangnya professional guru, guru mengajar tidak mengunakan perangkat belajar, hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran guru tidak mengunakan rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP). Kedua kurangnya interaksi guru dan siswa hal ini terlihat masih banyak siswa yang takut untuk bertanya kepada guru ketika mereka tidak mengerti. Ketiga, kurangnya pemberian motivasi, sehngga membuat siswa bosan atau bermalas-malasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, ingin mengetahui kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru pendidikan agama islam, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 42 Muara Ketalo Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo , yaitu mengenai profesional guru dalam pengajaran serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 42 meliputi 4 aspek di dalamnya terangkum 10 kriteria profesional guru: merencanakan pembelajaran, pengelolaan kelas, Menilai Hasil Pembelajaran, Melakukan Pembimbingan dan Latihan. Faktor penghambat dari segi waktu dan non waktu, factor pendidik atau guru,factor anak didik, serana dan fasilitas. Upaya-upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi guru yaiti: 1) mengikuti penataran dan sharing dengan orang yang lebih tahu, 2) dengan memberikan nasihat tentang disiplin waktu, 3) memberi tugas hafalan pada siswa di rumah, 4) mengunakan fasilitas dan media yang tersedia saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Pedagogik Guru Pai, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:16
Last Modified: 14 Aug 2020 04:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item