PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 5 TELUK KETAPANG TANJUNG JABUNG BARAT

Tanzani, Ahmad and Hakim, Lukman and Rahmawarni, Desi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 5 TELUK KETAPANG TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
skripsi lengkap - Ahmad Tanzani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang mempengaruhi hasil pembelajaran Matematika siswa kelas VII SMP N 5 Teluk Ketapang Kec.Senyerang Tanjung Jabung Barat adalah rendahnya Pemahaman Konsep Matematis belajar siswa dalam proses pembelajaran, kurang mampu menghubungkan antara pengetahuan dengan masalah yang diberikan dan banyak siswa yang bosan dengan mempelajari matematika karena tidak ada pembaharuan model pembelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang baik ketika menggunakan Model Pembelajaran Inquri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP N 5 Teluk Ketapang Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan menggunakan desain posttest only control group design. Teknik sampling yang dilakukan dalam penelitian ini Simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil analisis data pada kelas Eksperimen setelah menggunakan Model Pembelajaran Inquri memperoleh skor tertinggi 94, terendah 56, dan rata-rata 69,92, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional mendapatkan nilai tertinggi 88, terendah 38, dan rata-rata adalah 61,44, dan itu membuktikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penggunaan Model Pembelajaran Inquri (kelas eksperimen) lebih tinggi dari nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tanpa menerapkan penggunaan Model Pembelajaran Inquri (kelas kontrol). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, peneliti menemukan bahwa melalui proses interpolasi diperoleh t hitung = 2,691 dan t tabel = 2,01 untuk α = 0,05. Dengan kriteria t hitung ≥ t tabel (2,691 ≥ 2,01) maka H a (hipotesis alternative) diterima. Hal ini berarti menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 5 Teluk Ketapang Tanjung Jabung Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lukman Hakim (I) Desi Rahmawarni (II)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Inquri, & Pemaham Konsep Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:55
Last Modified: 30 Oct 2019 06:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item