UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KARYAWISATA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTIARA HATI KOTA JAMBI

VIRA SEPTINA, TRA 162035 and Mahdalena, Mahdalena and Ulfah, Siti Maria (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KARYAWISATA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTIARA HATI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia dini meelalui kegiatan karyawisata di taman kanak-kanak islam terpadu mutiara hati kota jambi)
SKRIPSI VIRA PDF watermark.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk memberi bantuan kepada guru dalam meningkatan kemampuan literasi anak di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas B4 TK Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Jambi sebanyak 9 anak 7 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Skripsi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data tersebut peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, triangulangi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabael atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuat data yang di dapat dalam penelitian. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami terlebih dahulu penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini yang sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuat isi dari skripsi yang bermutu. Penelitian menemukan bahwa bentuk kesulitan dalam literasi ( bahasa ) pada anak yaitu kurang lancarnya anak dalam menyampaikan pendapat seperti belum bisa dalam merangakai kata-kata yang baik dan benar. Penyebab sulitnya anak dalam kemampuan berbahasa ini disebabkan karena faktor lingkungan dan faktor orang tua. Kendala guru dalam mengatasi kesulitan berbahasa anak adalah anak kurang memperhatikan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan berbahasa adalah anak telah dapat meningkatkan kemampuan bahasanya dengan berani berbicara di depan umum. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan berbahasa anak adalah dengan melaksanakan kegiatan karyawisat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia dini melalui kegiatan karyawisata
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:01
Last Modified: 22 Jul 2020 04:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item View Item