Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalalis Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Alam Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Flamboyan Desa Mersam Kabupaten Batang Hari

Ricka Alfitri, TRA 162023 and Huda, Huda and Fadlan, Achmad (2020) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalalis Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Alam Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Flamboyan Desa Mersam Kabupaten Batang Hari. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Alam Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Flamboyan Desa Mersam Kabupaten Batang Hari)
Tra 62023 - upaya meningkatkan kecerdsan naturalis anak usia dini melalui media bahan alam di kelompok A taman kanak-kanak flamboyan desa mersam kabupaten batang hari..pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Media Bhan Alam Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Flamboyan Kec. Mersam Kabupaten Batang Hari.” yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini dengan kegiatan membuat gunugn merapi melalui media bahan alam. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, ob servasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 9 anak di antaranya 4 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan bahwa penerapan media bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak pada anak di Taman Kanak-Kanak Flamboyan Desa Mersam, hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan setiap siklus. Pada prasiklus mencapai presentase 55,5% dengan kategori belum berkembang dan hanya beberapa anak yang berada dalam kategori mulai berkembang. Dan setelah dilakukan tindakan selama siklus I yang menggunakan media bahan alam membuat gunung merapi dan peneliti mendemokan dari depan skor nilai peningkatan kecerdasan naturalis anak naik menjadi 33,3% dengan kategori mulai berkembang dimana sudah mulai terlihat anak yang semula kurang sekarang menjadi meningkat dalam kategori mulai berkembang. Selanjutnya pada siklus II yang dilakukan dengan media bahan alam mewarnai dan menggambar hujan dan pohon dan pada siklus II anak yang melakukan media bahan alam dengan berbagai kegiatan guru hanya memberikan intruksi, skor meningkat dengan signifikan. Pada siklus II dengan skor peningkatan kecerdasan naturalis anak menjadi 88,8% dengan kategori berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kecerdasan Naturalis ,Melalui Media Bahan alam Anak Usia Dini Kelompok A.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Jul 2020 03:49
Last Modified: 16 Jul 2020 03:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item