PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 132/IX DESA BUKIT BALING KECAMATAN SEKERNAN

Yurdi, Leni and Mursyid, and Ikhtiati, (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 132/IX DESA BUKIT BALING KECAMATAN SEKERNAN. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LENI YURDI - leni yurdi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang“ Penerapan Model Time Token Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas V Di Sekolah Dasar 132/IX Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui meningkatan Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V di SDN 132/IX Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi. Dengan mnggunakan Model Pembelajaran Time Token. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 132/IX Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan Model Pembelajaran Time Token, peningkatan Keaktifan belajar siswa pada Tema 9 Benda-benda disekitar Kita. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Time Token dapat meningkatkan Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan belajar dapat di diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai keaktiifan belajar pada siklus I 65% dan siklus II 80%. Dengan demikian hasil penelitian di SDN 132/IX Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi , telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mursyid (I) Ikhtiati (II)
Keywords / Katakunci: keaktifan belajar, penggunaan Model Pembelajaran Time Token
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:42
Last Modified: 30 Oct 2019 06:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item