PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMTATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 2 TUNGKAL ULU

Ririn Yusatri, TM161357 and Murtadlo MS, Ali and Wendra, Betri (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMTATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 2 TUNGKAL ULU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu)
Skripsi_Ririn_Yusatri_Watermak.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan yang tidak menerapkan metode demonstrasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posstest-only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen (menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol (menerapkan metode ceramah). Peneliti menemukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dengan yang menerapkan metode pembelajaran ceramah pada materi segiempat dengan t_hitung lebih besar dari pada t_tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,00≤2,84≥2,65. Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dalam pelajaran matematika terutama pada materi segiempat dan pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Demonstrasi,Segi empat,Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:59
Last Modified: 20 Jul 2020 03:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item