STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH AL-AZHAR MUARA BUNGO

Ma'mun, and Anwar, Kasful and Jailani, Syahran (2018) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH AL-AZHAR MUARA BUNGO. Tesis thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI MA_MUN - M. SYUKRON. M.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo dan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi pemasaran Jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo (3) Mengetahui implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo.(4) mengetahui sejauh mana keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala TU, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, dan Siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Diniyah Al-azhar Muara Bungo adalah: (a). Pemasaran secara langsung, yaitu dengan pemanfaatan IT, media cetak maupun elektonik. (b). Pemasaran tidak langsung yaitu dengan mengadakan sosialisasi ke SD/MI dan kepada masyarakat. (2). faktor pendukung antara lain; guru yang mengajar sesuai bidang, letaknya yang geografis, harga murah, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Sedang, faktor penghambat meliputi sarana-prasarana yang masih kurang sehingga terpaksa banyak membuang calon siswa baru, banyaknya pesaing antar lembaga dan masih adanya siswa yang terpaksa karena orangtua (3). Hasil yang dicapai mampu bersaing dari segi produk, proses, SDM dan mempunyai ciri khas MTS DIAZ CERIA baik bidang ekstrarekuler dan intrarekuler.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Kasful Anwar Us (I) Syahran Jailani (II)
Keywords / Katakunci: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, meningkatkan minat masyarakat.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:08
Last Modified: 30 Oct 2019 06:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item