FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG NARAPIDANA WANITA MELAKUKAN KEJAHATAN PEMBUNUHAN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA JAMBI)

Yani, Mega Suci and Yanti, Illi and Faruk, A. (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG NARAPIDANA WANITA MELAKUKAN KEJAHATAN PEMBUNUHAN (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
skripsi mega bookmark - Heria Novarera.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah tentang faktorfaktor yang mendorong narapidana wanita melakukan kejahatan oembunuhan. Hal ini dilatar belangi bahwa Tindak kejahatan bisa dilakukan oleh siapapun baik peria maupun wanita dengan tingkat pendidikan yang berbeda, tindak kejahatan bisa dilakukan dengan sadar yaitu difikirkan, direncanakan, dan diarahkan dengan maksud tertentu secara sadar benar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif merupakan metode yang menggambarkan dan menjabarkan temuan dilapangan, metode ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa, metode ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Berdasarkan hasil penelitian penulis menggambarkan dan menjelaskan temuan peristiwa yang berkaitan sebagai berikut : (1) Tindak pidana yang di lakukan narapidana wanita yaitu pembunuhan, narkotika, pencurian, pemalsuan, dan penipuan. (2) Faktor-faktor yang mendorong wanita melakukan kejahatan pembunuhan, meliputi faktor internal yang terdiri dari faktor usia dan faktor kejiwaan yang mempengaruhi psikologis dari seorang wanita dalam suatua situasi dan kondisi. Faktor eksternal yang meliputi ekonomi dan faktor lingkungan keluarga. (3) Upaya mengatasi tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh narapidana wanita, dapat juga dilakukan dengan dua cara, yaitu cara Preventif dan cara Represif. Cara Preventif ialah suatu upaya yang bertujuan untuk mencegah jangan sampai tindak pidana pembunuhan itu terjadi, dan sedangkan cara Represif ialah setiap upaya untuk memperbaiki pelaku yang telah melakukan tindak pidana pembunuhan. Dan kendala mengatasi pembunuhan ialah salah satunya kurangnya sebuah ilmu dan pengetahuan dan kurang nya ke imanan sehingga sangat sulit untuk mengatasi kejahatan pebunuhan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Illi Yanti (I) A. Faruk (II)
Keywords / Katakunci: kejahatan pembunuhan, narapidana wanita
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:01
Last Modified: 30 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item