TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (Studi Kasus di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi)

Noviana, Mellya (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI (Studi Kasus di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI MELVA - Melva Noviana (1) - fauzi endrawati.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang penulis teliti berjudul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Penggunaan Member Card Dalam Transaksi Jual Beli di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian hingga penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui Praktik Penggunaan Member Card dalam transaksi jual beli di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Tentang Praktik Penggunaan Member Card dalam transaksi jual beli di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah yuridis empiris yaitu berdasarkan lapangan, yaitu di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer yang didapatkan dari hasil wawancara yang berkaitan dengan member card di toko cakochiku fashion boutique Jambi diantaranya, pemilik toko, manager toko, karyawan toko serta konsumen, dan hasil observasi tentang tentang tinjauan hukum islam terhadap praktik penggunaan member card di toko cakochiku fashion boutique Jambi dan data sekunder didapatkan dari kajian pustaka, dan dokumen terkait dengan Tinjauan Hukum IslamTentang Praktik Penggunaan Member card Dalam Transaksi Jual beli (Studi kasus di Toko Cakocihku Fashion Boutiqe Jambi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Penggunaan Member Card Dalam Transaksi Jual Beli di Toko Cakochiku Fashion Boutiqe Jambi belum sesuai dengan syarat jual beli menurut syariah karena terdapat aib serta karena tidak dipenuhinya syaratmu’ayyan (syarat yang terlihatjelas) dan didalamnya mengandung gharar dan spekulasi yang dimana letak gahararnya ada pada pemberian diskon untuk pengguna member card yang kurang transparan, penjualan kartu member kepada pelanggan melebihi harga pasaran serta adanya tambahan biaya dalam perpanjangan masa aktif member, kemudian mengandung unsur spekulasi karena dapat merugikan salah satu pihak yaitu pihak yang tidak aktif menggunakan member card tersebut yang telah mengeluarkan biaya untuk pembuatan member card dan melakukan perpanjangan masa aktif juga. Oleh karena itu gharar dan spekulasi sangat tidak disukai oleh Allah SWT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:44
Last Modified: 30 Oct 2019 06:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item