PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI

Dwi Hidayati, TPG161869 and Idris, Ilyas and Mukminin, Amirul (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI)
TPG161869 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI - Lampiran Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa serta Kurangnya minat siswa dalam belajar dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada tema lima pahlawanku dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share pada kelas IV MI Ziyadatul Iman Kota Jambi pada subtema 3 Sikap Kepahlawanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan minat siswa pada Tema 5 pahlawanku subtema 3 sikap kepahlawanan kelas IV MI Ziyadatul Iman Kota Jambi. Pada tindakan siklus I skor nilai minat belajar siswa meningkat menjadi 3,6 dengan kategori mendekati minat, dengan jumlah siswa yang minat sebanyak 4 siswa, siswa yang cukup minat sebanyak 10 siswa. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai minat belajar siswa menjadi 4,4 dengan kategori mendekati sangat minat, dengan jumlah siswa yang minat sebanyak 11 siswa, siswa yang sangat minat sebanyak 5 siswa. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share dalam kegiatan pembelajaran sehingga minat siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Think Pair and Share, Minat Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2020 01:12
Last Modified: 08 Jul 2020 01:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item