IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER

Pajrina Auliyak, TF161171 and Tanti, Tanti and Sukmawati, Nissa (2020) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (Identifikasi Miskopnsepsi Siswa pada Materi Lisrtrik Statis dengan Menggunakan Tes Diagnostik Four Tier)
SKRIPSI PAJRINA TF161171.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang bertentangan dengan teori yang diterima secara ilmiah karena penggunaan yang umum dalam literatur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dimiliki siswa kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi pada materi Listrik Statis. Didapatnya gambaran mengenai miskonsepsi siswa merupakan informasi penting bagi guru sehingga dapat memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini berupa penelitian Mixed Method Eksploratory dengan desain The Inrtument Development Model (model pengembangan instrument). Dalam penelitian ini alat tes yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yakni four-tier test. Sampel pada penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi berdasarkan teknik Total Sampling. Berdasarkan four-tier test, miskonsepsi yang terjadi di kelas IX MTsS Nururrodhiyah Kota Jambi tergolong rendah karena <30%, yaitu sebear 15,31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Miskonsepsi, Listrik Statis, Four Tier Test
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:04
Last Modified: 01 Jul 2020 02:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item