KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SUMBER MAKMUR NIBUNG KABUPATEN MUSIRAWAS UTARA PROVINSI SUMATRA SELATAN

Mukarromah, Siti (2020) KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SUMBER MAKMUR NIBUNG KABUPATEN MUSIRAWAS UTARA PROVINSI SUMATRA SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Kompetensi sosial guru pai dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa kelas IX di sekolah menengah pertama negeri sumber makmur nibung kabupaten musirawas utara provinsi sumatra selatan)
skripsi Siti Mukarromah, Nim Tp.161598.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah peroses yang di dalamnya terdapat beberapa komponen yang terkait satu sama lain, diantaranya guru. Sosok guru adalah guru yang identik dengan pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab membentuk sikap moralitas generansi bangsa. Keberadaan guru bagi suatu bangsa sangatlah penting. Tampaknya masyarakat mendudukan guru pada tempat yang terhormat dalam kehidupan masyarakat. Kompetensi sosial yang di miliki oleh seorang guru di sini sangat berperan penting, karena jika seseorang guru sudah bisa menerapkan kompetensi sosila tersebut khususnya di lingkungan sekolah dan siswanya, maka secara langsung seorang guru telah menanamkan dan memupuk siswa untuk memiliki karakter yang baik. Karena salah satu lingkup dari kompetensi sosial adalah seorang guru mampu mengembangkan sikap positif pada siswa. Yang menjadi permasalah peneliti di sini adalah bagaimana kompetensi Sosial guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa kelas IX di sekolah menengah pertama negeri sumber Makmur kabupaten musirawas utara provinsi sumatra selatan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar sekolah menengah pertama negeri sumber Makmur kabupaten musirawas utara provinsi sumatra selatan. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kompetensi sosial guru PAI. Sedangakan subjek penelitiannya adalah guru PAI, kepala sekolah, TU, dan Siswa. Sedangakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tida alur kegiatanmeliputi reduksi data, pengajian data, dan data verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu kompetensi Sosial guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama siswa kelas IX di sekolah menengah pertama negeri sumber Makmur kabupaten musirawas utara provinsi sumatra selatan secara umum sudah sesuai dengan peraturan mentri pendidikan nasional No.16 tahun 2007 yaitu : bersikap inklusif, bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, berbeda agama, dan status sosial ekonomi. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun sesama pendidik, tenaga pendidik, orang tua dan masyarakat. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah republik indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. Berkomunikasi dengan komunitas profesi dan profesi yang lain secara lisan dan tulisan dengan bentuk lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAziz, NurazmyUNSPECIFIED
Thesis advisorSurayya, ElyUNSPECIFIED
Keywords / Katakunci: Kompetensi sosial, guru PAI, toleransi siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:57
Last Modified: 05 Aug 2020 03:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item