IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA: STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI

Asep Mahdani, UB160203 and Arfan, Arfan and Massuhartono, Massuhartono (2020) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA: STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Bimbingan Karir dalam Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Muaro Jambi)
ASEP MAHDANI UB160203.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tugas Guru Bimbingan Konseling (BK) salah satunya ialah melakukan bimbingan karir kepada siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi terhadap arahan dan bimbingan karir siswa setelah tamat sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode bimbingan karir yang diterapkan di SMK Negeri 9 Muaro Jambi, mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat bimbingan karir, dan untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi bimbingan karir dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi di sekolah selama 40 hari dari bulan Februari hingga Maret 2020. Wawancara dilakukan dengan 18 informan, dan peneliti melakukan dokumentasi terhadap data yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Data yang didapat dianalisa melalui tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian, menemukan bahwa: pertama, implementasi bimbingan karir dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi melalui metode konseling individu dan metode bimbingan kelompok. Kedua, faktor pendukung implementasi bimbingan karir dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi adalah keterliban para pihak yaitu guru, orang tua, dan teman sebaya, sementara faktor penghambat implementasi bimbingan karir dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi adalah ketergantungan siswa dalam menggunakan gawai secara berlebihan yang menyebabkan siswa tidak fokus, masalah keluarga, terbatasnya sarana dan prasarana, serta keadaan ekonomi. Ketiga, hasil implementasi bimbingan karir dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa di SMK Negeri 9 Muaro Jambi yaitu siswa terbantu untuk menentukan karir mereka secara mandiri setelah tamat sekolah. Peneliti merekomendasikan agar SMK N 9 Muaro jambi perlu menyediakan ruangan guru bimbingan dan konseling, agar pelaksanaan bimbingan konseling berjalan secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:52
Last Modified: 01 Jul 2020 03:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item