PENERAPAN STRATEGI ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Arna Saskia, TPG161854 and Jailani, Syahran and Ikhtiati, Ikhtiati (2020) PENERAPAN STRATEGI ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI)
SKRIPSI ARNA FULL PDF.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui strategi Role Playing dalam pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi yang berjumlah 27 siswa. Pada saat prasiklus atau sebelumnya dilakukan tindakan keaktifan belajar siswa sebesar 2,3% dengan kategori kurang aktif, setelah dilakukan tindakan siklus I skor keaktifan belajar siswa menjadi 3,1% dengan kategori mendekati cukup aktif. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,2% dengan kategori mendekati sangat aktif. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan strategi Role Playing dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik, Strategi Role Playing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:27
Last Modified: 01 Jul 2020 02:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item