PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

FERA INDAH RUKMANA, TPG1618679 and Mahluddin, Mahluddin and Ikhtiati, Ikhtiati (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI)
FERA INDAH RUKMANA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik di MIN Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan Keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Tematik kelas III di MIN Kota Jambi dengan Penerapan model STAD (Student Teams Achievment Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di MIN Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division). Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada pembelajaran Tematik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II 90%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 60% dengan kategori ‟cukup aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 85% dengan kategori ‟sangat aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi telah tercapai denganbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, STAD, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:44
Last Modified: 14 Jul 2020 03:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item