PENGARUH PERUBAHAN TREND JILBAB DAN KETERTARIKAN FASHION BERJILBAB TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI UIN STS JAMBI

Siti Maryam, EES160624 and Yusuf, Maulana and Baining, Mellya Embun (2020) PENGARUH PERUBAHAN TREND JILBAB DAN KETERTARIKAN FASHION BERJILBAB TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI UIN STS JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Perubahan Trend Jilbab dan Ketertarikan Fashion Berjilbab Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi UIN STS Jambi)
SKRIPSI SITI MARYAM WATERMARK.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan trend jilbab dan ketertarikan fashion berjilbab terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi UIN STS Jambi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi UIN STS Jambi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1907 orang dan sampel sebesar 95 orang dari populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Berdasarkan uji T (parsial) diperoleh nilai signifikan variabel perubahan trend jilbab sebesar 0,047<0,05, variabel ketertarikan fashion berjilbab diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa perubahan trend jilbab dan ketertarikan fashion berjilbab berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi UIN STS Jambi. Berdasarkan hasil uji F (simultan) maka dapat diperoleh nilai Fhitung sebesar 18,966 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa perubahan trend jilbab dan ketertarikan fashion berjilbab secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi UIN STS Jambi. Hasil perhitungan koefesien determinasi menunjukan bahwa keseluruhan variabel independen yaitu perubahan trend jilbab (X1) dan ketertarikan fashion berjilbab (X2) dapat menjelaskan bahwa keseluruhan variabel perilaku konsumtif (Y) sebesar 27,7% dan sisanya sebesar 72,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dilihat dari variabel perubahan trend jilbab dan ketertarikan fashion berjilbab yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif adalah ketertarikan fashion berjilbab dengan sumbangan efektif sebesar 0,229 atau 22,9%. Kata Kunci: Perubahan trend jilbab, Ketertarikan Fashion Berjilbab dan Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Perubahan Trend Jilbab,Ketertarikan Fashion Berjilbab,Perilaku Konsumtif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:58
Last Modified: 01 Jul 2020 03:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item