PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 146/IX DESA PARIT KABUPATEN MUARO JAMBI

Fittratun Nafisah, TPG161884 and Shalahudin, Shalahudin and Siregar, Nasyariah (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 146/IX DESA PARIT KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jamb)
Fittratun Nafisah, TPG.161884.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, diamana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan kekatifan belajar siswa pada Tema Cita-Citaku Subtema Giat Meraih Cita-Cita. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. Dengan nilai aktifitas belajar siwa pada siklus I sebesar 63% dan siklus II 77,5%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 3,1 dengan kategori “mendekati aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,1 dengan kategori “mendekati aktif”. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi telah tercapai dengan baik Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Teams Games Tournament, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan Belajar, Teams Games Tournament,Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:13
Last Modified: 01 Jul 2020 04:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item