PENGARUH HEGEMONI POLITIK MASYARAKAT TRANSMIGRASI JAWA TERHADAP PENDUDUK LOKAL PADA PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2016 (STUDI KASUS DI DESA TAMBANG EMAS KECAMATAN PEMENANG SELATAN KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2016)

Setiawan, Ikhtiyar and Ulum, Bahrul and Armansyah, Yudi (2018) PENGARUH HEGEMONI POLITIK MASYARAKAT TRANSMIGRASI JAWA TERHADAP PENDUDUK LOKAL PADA PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2016 (STUDI KASUS DI DESA TAMBANG EMAS KECAMATAN PEMENANG SELATAN KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2016). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
skripsi pdf - ikhtiyar setiawan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya Pengaruh Hegemoni Politik Masyarakat Transmigrasi Jawa Terhadap Penduduk Lokal Pada Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin). Sebagai tujuan diantaranya untuk mengetahui apa itu hegemoni, serta bagai mana pengaruhnya dalam pemilihan kepala desa di Desa Tambang Emas Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin pada tahun 2016. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di peroleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, hegemoni adalah “kepemimpinan” lebih sering kata itu digunakan untuk komentator politik untuk menunjuk kepada pengertian dominasi. Akan tetapi ada yang lebih kompleks, Gramsci menggunakan konsep itu untuk meneliti bentuk-bentuk politis, kultural, dan ideologis tertentu yang lewatnya dalam suatu masyarakat yang ada suatu kelas fundamental dapat membangun kepemimpinan sesuatu yang berbeda dari dominasi yang bersifat memaksa. Dan kedua pengaruh hegemoni dalam pemilihan kepala desa di Desa Tambang Emas sangat kuat pengaruhnya, dikarenakan masyarakat Desa Tambang Emas dalam menentukan pilihannya mereka memilih calon berdasarkan suku yang sama, dan daerah asal yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengaruh Hegemoni Politik
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:01
Last Modified: 30 Oct 2019 07:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item