PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BUNGO

EKA WAHYU NINGSIH, TPG161872 and Widdah, Minna El and Sari, Sri Yulia (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BUNGO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BUNGO)
TPG161872 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada tema enam cita – citaku dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bungo pada subtema 2 hebatnya cita – citaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing – masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperaatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan siswa pada tema ena cita – citaku pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bungo. Pada tindakan siklus 1 skor nilai keaktifan belajar meningkat menjadi 3,69 dengan kategori mendekati aktif, dengan jumlah siswa yang aktif sebanyak 4 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 14 siswa. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,3 dengan kategori mendekati sangat aktif, dengan jumlah siswa yang aktif sebanyak 12 siswa, siswa yang sangat aktif sebanyak 6 siswa. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam kegiatan pembelajaran sehingga keaktifan siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT), keaktifan belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2020 01:21
Last Modified: 08 Jul 2020 01:21
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item View Item