PERBANDINGAN KUALITAS TELUR AYAM (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN TELUR BEBEK (ANAS MOSCHA) SETELAH DIAWETKAN DENGAN EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper betle)

Istiqomah, Maratul and Susanti, Try and Salahuddin, Salahuddin (2018) PERBANDINGAN KUALITAS TELUR AYAM (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN TELUR BEBEK (ANAS MOSCHA) SETELAH DIAWETKAN DENGAN EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper betle). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
skripsi pdf - listiana ningsih.pdf

Download (4MB)

Abstract

Telur mempunyai sifat mudah rusak, telur yang disimpan pada suhu ruang dan tidak mendapat penanganan dengan baik akan mengalami penurunan kualitas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha) setelah diawetkan dengan ekstrak daun sirih (Piper betle). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA satu jalur, jika terdapat perbedaan yang signifikan maka akan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf 5%. Terdapat 4 jenis perlakuan yaitu K0 = 0%, K1 = 15%, K2 = 30%, dan K3 = 45%, yang diulang sebanyak 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi ekstrak daun sirih (Piper betle) pengaruh yang sangat nyata (P>0,05) terhadap ruang udara, indeks albumin (HU) dan yolk indeks (YI) pada telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha). Penggunaan ekstrak daun sirih (Piper betle) konsentrasi 45% lebih efektif dalam mempertahankan kualitas telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha). Hasil terbaik kualitas telur ayam (Gallus gallus domesticus) selama masa penyimpanan 21 hari yaitu dengan nilai ruang udara 0,48 cm, indeks albumin (HU) 47,29 dan yolk indeks (YI) 0,34 mm. Sedangkan hasil terbaik kualitas telur bebek (Anas moscha) selama masa penyimpanan 21 hari yaitu dengan nilai ruang udara 0,49 cm, indeks albumin (HU) 47,35 dan yolk indeks (YI) 0,33 mm. Perbandingan kualitas telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha) yaitu dimana thitung - 0,0009 < t0,05(4) 2,78 yang berarti menerima H0, bahwa A sama dengan B atau ekstrak daun sirih (Piper betle) sama baiknya sebagai bahan pengawet telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Try Susanti (I) Salahudin (II)
Keywords / Katakunci: kualitas, telur ayam (Gallus gallus domesticus) dan telur bebek (Anas moscha), ekstrak daun sirih (Piper betle), ruang udara, indeks albumin (HU), yolk indeks (YI)
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:58
Last Modified: 19 Apr 2020 10:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item